Friday, January 6, 2017

3 Cara Membuat Angka Negatif Menjadi Warna Merah di Excel

selamat datang kawan selamt belajar kembali menggunakan Ms Excel. dalam tutorial ini saya akan membagikan sebuah trik yang akan membuat lembar kerja Ms Excel anda menjadi lebih hidup dan tentunya akan membut pekerjaan anda mejadi lebih maksimal plus profesional.

contoh 1


 contoh 2



dari Contoh 1 kita akan membuat  angka negatif berubah menjadi merah di bagian teksnya saja, sedangakan pada Contoh 2 kita membuat cheel nya juga berubah warna. bagimana cara membuatnya ? mari simak 2 tutorial Ms Excel berikut ini.


1. Cara membuat nilai negatif berubah warna merah dengan Conditional Formatting

dalam kondisi ini kita akan menentukan atau memeriksa kondisi angka, jika bernilai negatif akan di sorot warna meraha atau tidak. dan berikut adalah langkah-langkahnya.

1. masuk ke Home   Conditional Formatting → Highlight Cell Rules → Less Than. bisa anda lihat pada gambar berikut ini untuk mempermudah

2. blok semua sel yang ingin anda rubah warnanya jika dalam kondisi negatif

3. nah setelah muncul tampilan jendela baru sekarang beri perintahnya dengan memasukkan angka 0 sebagai batanan maksimal angka yang akan dirubah menjadi warna merah, bisa anda lihat pada gambar berikut.

sekarang semua angka yang kurang dari 0 akan memiliki warna merah seperti gambar hasil berikut ini


============================================




2. Cara membuat nilai negatif berubah warna merah dengan Inbuilt Excel Number Formatting


dalam ms Excel sebenarnya sudah disediakan banyak jenis format penulisan yang dapat digunakan secara otomatis merubah warna angka negatif menjadi warna merah. 

1. blok semuda data yang ingin anda rubah warnanya jika bernilai negatif atau nilai lain yang anda tentukan

2. kemudian masuk ke Home → Number Format group klik pada drob down kecil di pojok bawah kanan, bisa anda lihat di gambar berikut ini.

3. pada dialog Format Cells, dalam tab Number, pilih Nomor dalam daftar Kategori. Dalam opsi di sebelah kanan, pilih teks merah pada opsi 'nomor Negatif'.

4. Klik Oke.  dari tutorial ini hanya akan merubah warna teks bukan warna Sel
============================================



2. Cara membuat nilai negatif berubah warna merah dengan Custom Number Formats.

nah berikut adalah cara ke 3 yang bisa anda gunakan untuk membuat nilai negatif berubah menjadi warna merah. dalam langkah ke 3 ini kita membuat perintah atau code sendiri untuk mewarnai nilai negatif menjadi warna merah pada ms Excel anda.

1. sepert langkah-langkah sebelumnya blok sel yang ingin anda rubah wananya
2. kemudian masuk ke Home → Number Format group klik pada drob down kecil di pojok bawah kanan, bisa anda lihat di gambar berikut ini.

 3. sekarang pada tab Number ketikkan perintah berikut ini
General;[red]-General
 4. tekan ok
na seperti langkah sebelumnya juga dari langkah ke 3 ini juag akan memberikan warna merah secara otomatis pada sel yang bernilai negatif

terima kasih sudah membaca tutorial saya semoag memberi manfaat.


https://trumpexcel.com/negative-numbers-red-excel/

2 komentar


EmoticonEmoticon