Friday, January 6, 2017

Membuat Aplikasi Rangking/Juara Otomatis di Ms Excel

Assalamukalimum temen-temen yang sekarang lagi asik belajar Ms Excel. oke saya ucapkan selamat datang pada tutorial saya yang terbaru, semoga bisa memberi manfaat untuk anda yang sekarng sedang belajar dasar-dasar menggunakan ms Excel.  

semakin hari kita mempelajari ms Excel saya yakin anda akan semakin terkesima dengan banyaknya fitur yang dapat kita gunakan untuk mempermudah aktifitas pengolahan data kita.

----------------------------------------------------------------------------
untuk memulai tutorial ini saya akan membagikan sebuah cerita dimana dulu waktu saya masih duduk di bangku SMK saya pernah menjadi salah satu panitia kegiatan perkemahan. seperti biasan perkemahan selalu memberikan banyak perlombaan yang menangtang dan menarik. nah dari sebuah perlombaan tersebut tentunya kita harus menentukan beberapa Rangking atau juara dalam satu lomba. 

kebetulan perkemahan tersebut berjalan 3 hari jadi panitia harus mengumpulkan semu data nilai untuk menentukan siapa juara dalam perlombaan tersebut.

di hari kedua saya waktu itu menjadi petugas yang menjadi stand informasi, nah disitu saya disuruh untuk membuat info update nilai yang sudah di dapat semua peserta perlomabaan. karena saya belum tau tentang Cara Menentukan Rangking Otomatis di Excel akhirnya saya menjumlahkan semua nilai dengan cara manual dan mengurutkan nilai juga secara manual.  Alhasil setelah lapora tersebut saya tempel di papan informasi, banyak peseta perkemahan yang memprotes karena bebrapa angka atau peringkat yang saya masukkan ternyata salah. Betapa malunya saya karena kejadian tersebut. 
------------------------------------------------------------------------------
dan karena pengalaman tersebut saya akan membagikan tutorial rumus excel mengurutkan nilai tertinggi sampai terendah agar anda tidak mengalami hal yang sama seperti yang pernah saya alami. dan berikut adalah tutorialnya.

Tutorial : cara mengurutkan ranking di excel
Software : Ms Excel 2007-2010-2012-2013-2016-2017
Time : 10 menit

1. pertama buat sebuah tabel sesuai dengan jenis kegiatan anda. sebagi contoh disini saya menggunakan data nilai kelas. seperti gambar berikut.

dalam Ms Excel memiliki fitur Rank . fitur rank ini dapat kita manfaatkan untuk mengatur secara otomatis dalam penentuan sebauh juara dalam suatu lomba atau yang lainnya.

RUMUS

=RANK(number,ref,order)

keterangan

number, adalah nilai yang akan dijadikan dasar rangking. Untuk contoh kasus dibawah sel dari Nilai Rata-Rata yang menjadi dasar untuk perankingan (sel M13)
ref, berupa range yang diabsolutkan dari kolom yang menjadi dasar merangking (range $U$13:$U$22)
Order, bersifat opsional. Jika tidak dicantumkan maka dianggap bernilai 0. Parameter ini hanya mengijinkan nilai 0 dan 1. Jila diberi nilai 0, maka rangking dalam bentuk descending yaitu nilai tertinggi menjadi rangking 1.  Jila diberi nilai 1, maka rangking dalam bentuk ascending yaitu nilai terendah menjadi rangking 1. untuk kasus ini parameter order dapat diabaikan atau diberi 0.
 agar lebih jelas mari kita lihat pada data dibawah ini. 


jadi dari gambar di atas kita mendapatkan rumus sebagi berikut
=RANK(M13;$M$13:$M$22;0)

keterangannya adalah sebagi berikut
 M13 = data acuan yang akan kita tentukan rangkingnya  yang kemudian di bandingkan dengan sel M13-M22.

Angka 0 adalah keterangan yang digunakan untuk mengurutkan angka dari nilai terbesar samapi nilai terkecil.
------------------------------------------------------

sekarang anda tinggal meng Copy data/rumusa yang sudah kita buat ke Sel yang lainnya dan tekan ENTER, secara otomatis data akan memiliki keterangan dari yang tertinggi sampai yang terendah. 


nah itu tadi tutorial sederhana  membuat aplikasi pnentu juara kelas menggunakan Ms Excel. semoga bermanfaat.

4 komentar

http://howto-office.blogspot.co.id/2017/01/membuat-aplikasi-rangkingjuara-otomatis.html



Membuat Aplikasi Rangking/Juara Otomatis di Ms Excel
cara membuat ranking di excel 2007
cara mengurutkan ranking di excel
rumus excel mengurutkan nilai tertinggi sampai terendah
cara mengurutkan nama sesuai ranking di excel
cara membuat ranking di excel 2013
ranking in excel 2010
cara membuat tanda absolut di excel
peringkat kelas

Maksud dari ($M$13:$M$22) itu apa yah , sory pemula


EmoticonEmoticon