Friday, December 23, 2016

5 Cara Menambahkan ANGKA NOL Di Awal Angka - MS EXCEL

Memformat angka untuk mempertahankan awalan nol tetap di tempat
Selamat datang kembali ke blog sederhana ini dalam kesempatan ini kami akan membagikan sebauh tutorial MS EXCEL tutorial ini mungkin sudah banyak disampaikan oleh web tutorial Ms Excel yang lainnya. seperti web yang paling terkenal adalah https://trumpexcel.com disana banyak tutorial Ms Excel yang dapat kamu pelajari secara grati, sekalian tutorial ini juga saya ambil dari situs tersebut dengan merubah bahasa menjadi bahas indonesia, agar kamu yang baru belajar menggunakan MS EXCEL bisa dengan mudah menyesuaikannya.

Langsung saja kita mulai tutorial Ms Excelnya. Untuk kamu yang suka menggunakan Ms Excel untuk menyelesaikan pekerjaan angka anda, mungkin anda pernah mengalami hal seperti ini, dima ketika kita mau memasukkan angka Pecahan diaman diawali dengan angkan 0 (NOL) ketika di ENTER angaka tersebut menjadi hilang. Lantas bagimana cara mempertahankan Angka NOL di awal Angka/kamilat ?          Nah pertanyaan yang bagus sekali untuk kita diskusikan bersama di tutorial Ms Excel kali ini.

Dalam kesempatan ini kita mempunyai 5 cara yang dapat digunakan untuk menyusun ANGKA NOL pada awal kalimat atau data pada Ms Excel.

1. Meruabah format Inputan Angaka menjadi inputan Huruf.


Catatan : Jika anda memiliki banyak data yang berkaitan dengan angka pecaha maka cara ini hanya dapat dilakukan secara manual. semua angka harus anda ketik satu-satu.

1. masuk ke cell yang ingin anda rubah jenis pecahanya supaya dapat diisi dengan angaka 0.

2. Pergi ke Home > Number Groub kemudian pilih jenis inputan Teks
sekarang anda dapat memasukkan angaka di awal barisan angka. :(.


2.Mengganti dengan Costume Number Fornatting.

hala ini juga dapat anda lakukan untuk memasukkan angka pecahan pada Ms Excel kamu.  langkah-langkahnya adalah sebagi berikut

1. masuk ke cell yang anda ingin rubah jenis formatting Numbernya.
2. Masuk ke Home > Number Groub kemudian klik pada tanda panah kecil di pojok bawah seperti gambar berikut 
3. pada bagian Kotak dialog Fomat Cells  pilih tab number pilih Custume kemudian rubah jenis fotamat numbernya seperti berikut
4. jangan lupa untuk klik OK untuk mengaktifkan perintah yang sudah kita buat.

cara menyisipkan karakter di excel

3. Dengan Menbambahkan Fungsi Text pada cell

cara ketiga ini cara yang mudah menurut saya karena anda tidak perlu melakukan beberapta settingan namun anda tingal menambahkan fungsi Text pada awal angka yang kamu buat.

namun sebagai catatan dengan menambahkan fungsi Text ini akan merubah format dalam cell tersebut semisal seperti ini, Jika kamu memasukkan angka 1 maka akan keluar menjadi 001 karena dalam covert ini menggunakan prinsip ABC atau XYZ , 

cara menggunakanya adalah sebagai berikut

1. masuk ke cell dimana anda ingin merubah format angka pecahan anda.


2. Jika Anda memiliki nomor di kolom A (katakanlah dari A2: A100), kemudian pilih B2: B100 dan masukkan formula berikut: 
= TEXT (A2, "00000")

3.Tekan Control + Enter untuk menerapkan rumus untuk semua sel yang dipilih.

dengan jumlah 0 yang kita masukkan dalam rumus adalah berjumlah 5 maka jika anda tidak memsukkan angka kurang dari 5 baris maka akan digantikan angka 0 pada awalannya.


Cara Menampilkan angka Nol di awal pada Microsoft Excel


4. Menggunakan Fungsi REPT dan LEN 

cara ke 4 ini hampir sama dengan cara yang kita gunakan pada cara 3 namun hanya perintahnya saja yang kita rubah yaitu dengan perintah REPT dan LEN
kelebihan dari langakah ke 4 ini adalah bisa di gunakan secara otomatis pada smua cell yang di tentukan , dengan haya sekali membuat pertintah fungsi REPt dan LEN. lain halnya dengan car ke 3 kita haru memasukkan datanya satu persatu.


Berikut rumus menambahkan angka 0 didepan pada excel

1. Jika Anda memiliki nomor di kolom A (katakanlah dari A2: A100), kemudian pilih B2: B100 dan masukkan formula berikut: 
= REPT (0,5-LEN (A2)) & A2

2. Tekan Control + Enter untuk menerapkan rumus untuk semua sel yang dipilih.

Hal ini akan membuat semua angka / string 5 karakter dengan nol terkemuka di semua cell yang di inginkan.

Berikut adalah bagaimana rumus ini bekerja:

LEN (A2) memberikan panjang string / angka dalam sel.

= REPT (0,5-LEN (A2)) akan memberikan jumlah 0 yang harus ditambahkan. Di sini saya telah menggunakan 5 di rumus seperti itu panjang maksimum string / angka dalam dataset saya. 

Anda dapat mengubah ini sesuai dengan data Anda.


 = REPT (0,5-LEN (A2)) & A2 hanya akan menambah jumlah nol untuk nilai sel. Misalnya, jika nilai di sel adalah 123, ini akan kembali 00.123.


5. Menambahkan rumus VBA

untuk langkah ke lima ini saya belum begitu paham ini saya ambil dari Trumpexcel.com, dan berikut adalah Code VBA yang kita maksud.


'

Function AddLeadingZeroes(ref As Range, Length As Integer)

Dim i As Integer

Dim Result As String

Dim StrLen As Integer

StrLen = Len(ref)

For i = 1 To Length
If i <= StrLen Then
Result = Result & Mid(ref, i, 1)
Else
Result = "0" & Result
End If
Next i
AddLeadingZeroes = Result
End Function



https://trumpexcel.com/add-leading-zeroes-excel/

3 komentar

Teh.Tasya...Sangat membantu ,semoga jadi ladang pahala......AMIN





Aamiin, terimakasih kang, suah mampir :)


EmoticonEmoticon