Friday, December 16, 2016

Mudah Memahami Fungsi IF, OR atau AND dalam MS. Excel

Selamat datang kembali kawan  Tasya dimanpun anda berada yang sekarang sudah menemukan blog catatan harian dan juga beberapa tutorial seputar dunia Ms Office. karena seringnya saya menggunakan Ms. Office dalam kegiatan kuliah saya, saya jadi tertarik untuk membagikan beberapa hal yang saya ketahui terkair Cara Menggunakan Ms Office. Mungkin diluar sana sudah banyak Blog atau Web yang membahas hal yang sama, namun dengan tutorial blog bahasa indonesia ini, saya harapkan agar kita bisa saling berbagi pengetahuan, waluapu ibarat pengetahuan Cara membuat Air panas.. hehe.

Dalam kesempatan ini kita akan sedikit membahas  Fungsi IF, OR atau AND dalam MS. Excel karena jika ini di dalami lagi masih bisa di jabarkan hingga puluhan postingan artikel tutorial. semoga bisa saya bagikan di postingan selanjutnya. oke kali ini kita masih belajar dasar logika penggunaan Fungsi IF, OR atau AND dalam MS. Excel supaya kita punya pondasi terlebih dahulu.

Memahami Fungai IF

Jika kamu baru belajar tentang fungsi If, maka anda harus pahami terlebih dahulu dalam penyusunan rumus If yang benar seperti berikut.

=IF(logical_test,value_if_true, value_if_false)
Keterangan :
                                                                      
#logical_test =Dijadikan sebagi variabel penguji

#value_if_true = nilai yang akan dihasilkan jika logical_test (variabel penguji) bernilai TRUE (Benar)

#value_if_false = nilai yang akan dihasilkan jika logical_test (variabel penguji) bernilai FALSE. kita juga dapat mengisi value_if-false dengan kondisi yang lain (untuk kasus ini anda dapat membaca Menggunakan Fungsi IF bertingkat.

                                                                      

dari penjelasan di atas maka kita tahu bahawa itu adalah berapa perintah dasar untuk penggunaan Fungsi IF.  di lain kesempatan akan kita bahas lebih luas lagi, Follow akun saya untuk Update selanjutnya. Hehe.


Memahami Fungai And dan OR

dalam penggunaakan Rumus Fungsi AND dan OR hampir sama dengan penggunaan rumus IF seperti yang sudah kita pelajari diatas. dari kedua Funsi logika AND dan OR ini akan menghasilkan sebuh niai FALSE dan TRUE  dan berikut adalah contoh penerapannya.

=AND(logical1, logical2, logical…,logical…., logicalN)
logical1, logical2, logical…, logical…,logicalN = adalah yang kita siapkan untuk di uji,
Agar kita lebih paham dalam penggunaan And dan OR ini kita bisa lihat gambar di bawah ini

dari gambar di atas kita dapat penjelasan seperti berikut : dari kolom KETERANGAN diisi dengan =AND(A3>=60, B3>=60), logical1 = A3>=60, dan logical2 B3>=60, artinya kolom KETERANGAN akan bernilai TRUE jika dua kondisi  logical1 (A3>=60) dan logical2 (B3>=60) memenuhi syarat (seperti pada cell C3 bernilai TRUE karena nilai cell A3 = 70 artinya memenuhi syarat dari kondisi logical1 A3>=60, begitu B3 memenuhi syarat dari kondisi logical2).  Sedangkan pada cell C4 bernilai FALSE karena salah satu syarat dari dua kondisi tidak dipenuhi yaitu logical1 (A4>=60) dan nilai dari A4 adalah 55 maka tidak memenuhi syarat. Fungsi AND akan bernilai TRUE jika semua syarat kondisi (logical) dipenuhi.
Sumber :http://tutorialmicrosoftexcel.net/menggunakan-fungsi-if-dan-or-atau-and/


EmoticonEmoticon