Wednesday, December 14, 2016

Trik Kerja Cepat Dengan PIVOT TABLE Microsoft Excel

Setelah lama tidak membuat postingan tentang tutorial Ms. Excel kali ini karena ada kesempatan saya akan membuat tutorial membuat Pivot Tabel. o .. iya saya mau mengucapkan terima kasih kepada +AGUS TRI PURNOMO  yang kemarin telah mengajari saya mengganti Template blog  yang responsive. kata temen saya ini template blog yang respoinsive sekarang banyak disukai oleh pengguna internet. kata Kak Agus itu disebabkan oleh pengguna Ponsel yang semakin banyak, jadi semua aktifitas sekarang sudah mulai dijalankan di ponsel. misal mencari tutorial Ms Office blog ini sekarang sudah reseponsive ketika dibuka di ponsel. sekali lagi terima kasih banyak ya kak Agus. Nuhun.

oke temen2 semuanya Tasya kembali lagi ke tutorial Ms Excel, dengan judul Cara Cepat Membuat PIVOT TABEL Microsoft Excel. 

Jika anda sedang berkerja dengan data yang banyak dan juga memiliki banyak kategori data misalnya dari perusahaan A B dan C-Z tentu kita akan mengalami kesulitan untuk menampiklanya dalam sekejab dalam satu layar. nah dengan Pivot ini kita bisa membuat data itu mejadi lebih rapi dan mudah untuk di panggil lagi. jika anda mengalami kesusahan dalam penjelasan saya, anda bisa lihat gambaran data yang kit punya di bawah ini.


nah data di atas menunjukkan banyaknya perusahaan CV yang memiliki data yang berbeda-beda. dengan Fitur canggih dari Ms Excel ini kita akan merubahny menjadi data yang simple dan mudah untuk di mengerti.

CARA MENGGUNAKAN PIVOT DALAM MS.EXCEL


sebelum kita membuat Pivot ini terlebih dahulu kita harus punya yang namanya sumber data awal yang nantinya digunakan sabagi acuan penentuan nilai Pivot itu sendiri. sumber data awal ini haruslah memiliki nama kolom yang lengkap dan tidak boleh dikosongi. anda bisa melihat data yang ada diatas.  dalam penggunaan Pivot ini juga tidak boleh ada kolom atau baris yang tersambung atau MARGED CELL.

Lcangkah pembuatan Pivot

setelah anda memilki data yang cukup banyak untuk dijadikan eksperimen and bisa mulai dengan tahapan berikut. 

1. Buka Data yang sudah anda buat kemudian masuk ke
    Menu Insert > Pilih PivotTable


2. kemudian yang harus anda lakukan adalah menentukan data sumber pada for Create Pivot Table seperi dibahaw ini

3. lagkah selanjutnya anda sudah dapat membuat jenis laporan yang anda inginkan. seperti yang sudah kita bahas dia atas kita akan menentukan kategorinya berdasarkan Supllier maka data Filter yang kita gunakan sudah tentu data Supplier. supaya lebih jelas and bisa melihat gambar dibawah ini

Keterangan  Dari Gambar diatas :

  1. Merupakan kumpulan Field atau kolom pada sumber data awal.
  1. Field atau kolom SUPPLIER menjadi Report Filter karena sesuai kasus di atas, kita akan menjadikan SUPPLIER sebagai dasar pelaporan. Untuk mengisi Report Filter, Klik field SUPPLIER (no.1) lalu drag ke kolom Report Filter.
  1. Untuk Row Labels kita isi dengan Nama Barang. Cara mengisi Row Labels sama dengan mengisi Report Filter, yaitu dengan meng-klik Field Nama Barang pada kolom no.1 lalu drag ke kolom Row Labels
  1. Untuk Colom  labels kita kosongkan (Sesuai dengan kebutuhan pelaporan yg akan kita buat)
  1. Kolom ∑ Values kita dapatkan dengan klik kanan pada Field HARGA (no.1) lalu pilih add to ∑ Values. Untuk lebih jelas anda dapat melihat gambar di bawah ini 

dan secara otomatis pada kolom values akan terisi dengan data Sum Of Harga.

samapai disini tutorial kita sudah selesai sekarang tinggal anda mencoba dan mencoba untuk bereksperimen karena menurut saya tutorial ini sangat mudah untuk di pejalari sendiri dirumah.  dan semoga hasil kerja anda bisa menajadi seperti gambar berikut ini
Ms. Excel memang menajadi Software pengolah data yang paling disenangi di dunia perkantoran, dan masih banyak lagi trik-trik yang dapat kita pelajari untuk mempermudah pekerjaan kita sehari-hari, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan Lupa Like anda Share ya.,. :)

3 komentar


EmoticonEmoticon