Ini adalah artikel yang pertama kali kami posting dalam Blog How To Use Office disini kita akan belajar dari hal yang paling dasar yang terdapat Pada Ms Excel, baik mengenal bagian2 Menu Bar, Tool Bar, Short Cut, dan masih banyak lagi yang akan kita bahas dalam Postingan pertama kami. adapun penjelasan Panjang Lebar kami adalah sebagi berikut.
- PENGERTIAN EXCEL
Fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk melakukan operasi perhitungan serta dapat
mempresentasikan data kedalam bentuk tabel. "wikipedia.com
- CARA MEMBUKA LEMBAR KERJA
1. Langkah – langkah dalam memulai Microsoft Excel
- Aktifkan komputer terlebih dahulu
- Klik tombol Start pada taskbar
- Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office
- Kemudian klik Microsoft Excel 2007
Gambar : Tampilan Microsoft Excel 2007
Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007
- Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar
kerja
yang aktif.
- Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
- Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan ebagainya
- Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan
berfungsi
untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
- Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat
tersebut. Ms
Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
- Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol
pengendali.
- Cell
Cell merupakan
- Nomor Baris
- Nomor Kolom
- Nama Range
- Fungsi
- Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar
vertikal dan horisontal.
- Column Heading Berisi tentang petunjuk kolom pada lembar kerja sheet yang aktif. Jumlah kolom yang tersedia yaitu 256 kolom.
Sel -> Penggabungan antara baris dan kolom pada lembar sheet.
Range -> Penggabungan antar sel / beberapa sel pada lembar sheet.
2. Menginputkan Data Dalam Sel
- Pilih / klik sel tempat data yang akan dimasukkan
- Ketikan data yang akan dimasukkan
- Tekan enter untuk mengakhirinya
- Untuk mengedit data yang telah diketik, tekan F2 atau Double klik di sel yang mau di edit.
- Untuk menghapus data dalam sel, tekan tombol Delete di keyboard.
3. Memformat Kolom dan Baris
- Merubah ukuran kolom
- Letakkan pointer di pembatas kolom yang ingin dirubah kurannya, lalu drag sesuai dengan ukuran yang di inginkan.
- Jika ingin merubah ukuran kolom lebih dari satu kolom, maka blok kolom yang ingin dirubah kolomnya menggunakan mouse atau menggunakan tombol keyboard.
- Kemudian klik tab Home dan klik icon Format Column Width Isi lebar kolom dan tekan Ok
4. Merubah Ukuran Baris
Letakkan pointer di pembatas baris yang ingin dirubah ukurannya, lalu drag sesuai dengan ukuran yang di inginkan
Jika ingin merubah ukuran baris lebih dari satu baris, maka blok baris yang ingin dirubah Menggunakan mouse atau menggunakan tombol keyboard.
Kemudian klik tab Home dan klik icon Format->RowHeight ->Isi lebar Baris
dan tekan Ok
4. SHEET (Lembar Kerja)
Menambah sheet baru
Klik di Icon New atau tekan CTRL + N
Mengganti nama sheet
Klik kanan di sheet yang ingin diganti namanya
Pilih Rename
Menghapus sheet
Klik kanan di sheet yang ingin dihapus
Pilih Delete
5. FILE
Menyimpan File
Klik Menu File Save / Save as
Membuka File
Klik Menu File Open Tentukan directory Pilih salah satu file
MEMFORMAT
CELLS
1.
Mengcopy dan Memindahkan Isi Sel
- Mengcopy
Sel
- Blok
sel yang ingin di-Copy
- Pilih
menu Edit – Copy (Ctrl
+ C)
- Pilih
sel untuk menempatkan hasil copy-an
- Pilih
menu Edit – Paste (Ctrl + V) untuk mengeluarkan
isi copy-an
- Memindahkan
Sel
- Blok
sel yang ingin dipindahkan
- Pilih
menu Edit – Cut (Ctrl + X)
- Pilih
sel yang baru untuk meletakkan hasil pindahan
- Pilih
menu Edit – Paste (Ctrl + V)
2.
Membuat Nomor & Bulan Berurut
- Ketik
angka atau bulan pertama pada sel yang diinginkan
- Ketik
angka atau bulan kedua pada sel selanjutnya (berurutan)
- Blok
kedua sel tersebut secara berurutan
- Letakkan pointer pada sudut kanan bawah hingga keluar tanda tambah +
3.
Menggabungkan Sel
- Blok
sel yang ingin digabungkan
- Pilih
menu Format – Cells
- Klik
Alignment
- Tandai
/ klik Merge Cells – Ok
Atau
- Blok
sel yang ingin digabungkan secara berurutan
4.
Mengetengahkan Teks
- Klik
tab Home
- Klik
di tanda panah icon Alignment
- Klik
Alignment
- Pada
Horizontal pilih Center
- Pada
Vertical pilih Center
- Klik Ok
5.
Mengatur Tata Letak Teks
- Klik
sel dimana terdapat teks yang ingin diatur tata letaknya
- Klik
Alignment
- Pada Orientation aturlah tata letak dan derajat kemiringan teks
-klik ok
6.
Membuat Garis Tabel
- Blok
seluruh sel yang ingin diberi garis tabel
- Klik
Alignment
- Klik
Border
- Pilih
garis tabel yang ingin Anda masukkan
- Ok
7.
Membuat Simbol Mata Uang
- Blok
semua angka yang ingin diberi simbul mata uang
- Klik
Alignment
- Pilih
Number
- Klik
Accounting
- Pilih
mata uang di Symbol
- Isikan
angka 0 (nol) pada Decimal Places
- Klik
Ok
8.
Membuat Nama Satuan Pada Penulisan Angka
- Blok
semua sel yang berisi angka
- Klik
Alignment
- Klik
Number – Custom
- Pada
Type tuliskan 0 “unit”
(untuk nama
satuan unit)
- Klik Ok
- 1001 tutorial lengkap microsoft office 2003, 2007, 2010, 2013, 2016
- 3 Cara MUDAH DAN CEPAT memperbaiki Spasi yang berantakan di Ms Word
- 3 Cara Membuat Angka Negatif Menjadi Warna Merah di Excel - New !!
- 3 Tutorial How to Make Negative Numbers Show Up in Red in Excel - New !!
- 5 Cara Menambahkan ANGKA NOL Di Awal Angka - MS EXCEL - New !!
- APLIKASI TERBARU MENGHITUNG UPAH GAJI DAN JAM LEMBUR DENGAN MS EXCEL
- Cara Menghubungkan Sheet Satu Dengan Sheet yang Lain dengan Cepat - Ms Excel Tutorial - New !!
- Cara Mudah Memperbaiki Data Ms Excel Yang Berantakan - New !!
- Membuat Aplikasi Rangking/Juara Otomatis di Ms Excel - New !!
- Mudah Memahami Fungsi IF, OR atau AND dalam MS. Excel - New !!
- PRINT, CETAK LEMBAR KERJA MS EXCEL DENGAN 2 LANGKAH MUDAH DAN CEPAT
- Trik Kerja Cepat Dengan PIVOT TABLE Microsoft Excel
- Tutorial EXCEL Cara Menggunakan Rumus dan Fungsi dari Nol
- Tutorial Mudah Membuat Tabel Di Ms Excel
- cara cerdas membagi halaman yang akan di print atau cetak di Ms Excel
- cara membuat stopwatch di excel dengan mudah untuk pemula
- cara menggunakan SUM AVERAGE AND NOT OR SINGLE IF MULTI IF AREAS CHOOSE HLOOKUP VLOOKUP MATCH COUNTIF di Ms. excel
- cara merapikan spasi yang berantakan di ms excel dalam sekejap
- cara mudah dan ampuh memasukkan gambar ke dalam Sel Excel
- cara mudah print lembar kerja ms Excel sesuai keinginan dengan print area
- memahami fungsi Print Titles di ms Excel
- membuat aplikasi invoice tagihan biaya dengan ms excel
15 komentar
tasya bikin video tutorialnya pake program apa kalo boleh tau...haturnuhun...hehe
yang mana Mas ?
makasih bro sangat bermanfaat, -cara transfer file dari hp ke laptop/pc tanpa kabel data cek http://tutorkomputerfree.blogspot.co.id/2017/02/mentransfer-file-dari-handphone-ke.html
terima kasih kembali bro :)
Nice info sista..
Mungkin ini juga bisa membantu https://breakwyn.blogspot.com/2017/07/panduan-belajar-komputer-dari-nol.html
Thanks gan usulannya :)
nice informasinya... senang bisa berkunjung di blognya
http://essenaquatic.xyz
Makasih mbak. Bermanfaat bagi saya :)
makasih gan infonya
maaf saya promosi dulu
nasution85.blogspot.com
belajarblog06.blogspot.com
Artikelnya sangat bermanfaat ditunggu next artikelnya.
Kunjungi Blog saya di
http://aurelliafemilya.blogspot.com/
Dan Kunjungi juga
http://www.atmaluhur.ac.id/
atur nuhun
Bagus tutorial nya
www.cari-alamat.com
mantap kak tutorialnya.
www.caralain.com
terimakasih infonya
EmoticonEmoticon